High Quality Share All |
- Modifikasi Honda CBR 250R
- CONTOH MAKALAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- Tutorial Cara Membuat Email Yahoo Dengan Petunjuk Gambar
- Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Excel
- Tutorial Cara Membuat Akun Gmail Lengkap
Posted: 29 Aug 2012 10:23 AM PDT Foto Atau Gambar Modifikasi Honda CBR 250R - Kumpulan Modifikasi Honda CBR 250R 2012. da berikut ini Modifikasi Honda CBR 250R. Motor Honda CBR 250 Modifikasi The Graphics konsep tema Airbrush, meskipun asli lebih sporty. Karena motor harus melihat pengin CBR tampil lebih menarikK (Modern, Estetika, Fungsional, Rasional, Inovasi dan Kreasai). Jadi, bukan hanya mengubah tampilan itu terlepas dari keamanan, kata pengubah, harmoni perubahan tidak hanya ditujukan melalui tubuh, Honda CBR 250R Modifikasi lebih terlihat pada saat instalasi dari beberapa body kit fiberglass. Hal ini dapat dilihat dari pemasangan kaca depan, pelindung fairing shell BI Xenon lampu proyektor, sayap samping untuk menutupi mesin. Honda CBR 250R Modifikasi tampilan lebih berotot sehingga kondom tangki menutupi tengah dikombinasikan dan pemasangan motor model yang baru yang besar deltabox khas. Urutan asli sehingga motor adalah pipa tubular, setelah pasangan melihat tubuh lebih sporty. Semakin harmonis sehingga diganti kaki depan. Biar menarik dengan postur asli, pas menggunakan terbalik kuasi bawah Yamaha R6.Nah terlalu tinggi atau rendah hati. Bahkan untuk mengatur itu, biar tidak diganggu cukup komstir ulang tahun kustom sebagai menyerupai CBR . Demikian juga untuk kaki belakang. Posisinya terlalu nungging baseball atau pasangan sehingga amblesHonda CBR 600 lengan ayun. Kebetulan keduanya adalah aplikasi pro-link lengan, sehingga tidak terlalu sulit ketika instalasi "Pada posisi lengan poros CBR600 Papas hanya untuk masuk ke rangka CBR 250R. Sedang sampai monosok dapat dipasang seperti sebelumnya Tapi yang perlu. diatur ulang jangka pendek pro-link batang untuk mencocokkan posisi motor saat dikendarai DATA MODIFIKASI Ban depan: Pirelli 120/60-17 Ban belakang: 140/70-17 Pirelli Knalpot: Leo Vince Pelek: Honda CBR600 Guru rem: Kitaco (depan), Nissin (belakang) |
CONTOH MAKALAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Posted: 29 Aug 2012 09:46 AM PDT MAKALAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - inilah CONTOH MAKALAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya sehingga tugas Makalah yang berjudul "Peranan Guru TK Dalam Pembelajaran Terpadu" ini dapat saya selesaikan. Makalah ini saya buat sebagai kewajiban untuk memenuhi tugas. Dalam kesempatan ini, penulis menghaturkan terimakasih yang dalam kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran mereka demi terwujudnya makalah ini. Akhirnya saran dan kritik pembaca yang dimaksud untuk mewujudkan kesempurnaan makalah ini penulis sangat hargai. DAFTAR ISI Kata Pengantar 1 Daftar Isi 2 BAB I PENDAHULUAN 3 BAB II PERANAN GURU TK DALAM PEMBELAJARAN TERPADU 4 1. Peranan Guru TK Sebagai Perencana 4 2. Peranan Guru TK Sebagai Pelaksana 6 3. Peranan Guru TK Sebagai Evaluator 7 BAB III PENUTUP 11 1. Kesimpulan 11 DAFTAR PUSTAKA 12 PENDAHULUAN Sebagaimana kita lihat bahwa rentang usia TK (4 – 6 th) disebut dengan masa usia dini, yang merupakan masa keemasan bagi seseorang karena masa inilah seluruh informasi dapat diserap dengan mudah dan cepat oleh anak melalui seluruh panca indranya. Sebagai analoginya bahwa anak ibarat spons (karet busa) yang mampu menyerap air tanpa peduli apakah air itu bersih atau kotor, oleh karena itu masa ini sering disebut dengan masa kritis untuk memperkenalkan dan menanamkan segala hal yang positif dan berguna bagi perkembangan anak dimasa selanjutnya. Dengan pesatnya perkembangan pada seluruh aspek yang disebabkan oleh perkembangan otaknya yang dapat mencapai 90% dari otak orang dewasa. Oleh karena itu tugas utama dari seorang guru disekolah untuk menyediakan berbagai pengalaman belajar yang menentang anak untuk terus bereksplorasi. Pendekatan pembelajaran terpadu dinilai sesuai untuk digunakan pada anak usia TK karena karakteristik usia TK adalah senang bermain dan dengan bermain mereka belajar. Dengan pembelajaran terpadu anak diajak untuk bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Disini peranan guru sangat penting dan sangat menentukan keberhasilan atau tercapainya tujuan sesuai dengan yang ditetapkan. BAB II PERANAN GURU TK DALAM PEMBELAJARAN TEPADU 1. PERANAN GURU TK SEBAGAI PERENCANA Peranan guru sebagai perancana dalam pembelajaran terpadu adalah guru merencanakan suatu kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan bersama anak didik. Bentuk-bentuk perencanaan dalam proses pembelajaran di TK adalah : a) Perencanaan Tahunan Dalam perencanaan tahunan sudah ditetapkan dan disusun kemampuan keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan dicapai oleh anak didik dalam satu tahun. Perencanaan tahunan dan semester juga memuat tema-tema yang sesuai dengan aspek perkembangan anak dan minat anak serta sesuai dengan lingkungan sekolah setempat. Perencanaan tahunan dibuat bersama antara guru-guru dan kepala sekolah. b) Perencanaan Semester Perencanaan semester merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema, bidang pengembangan, kompetensi dasar, hasil belajar dan indikator yang ditata secara urut, serta sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya kedalam semester I dan semester II. c) Perencanaan Mingguan (Satuan Kegiatan Mingguan) Perencanaan mingguan disusun dalam bentuk satuan kegiatan mingguan (SKM). SKM merupakan penjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan pembahasan tema dan sub tema. d) Perencanaan Harian (Satuan Kegiatan Harian) Perencanaan harian disusun dalam bentuk satuan kegiatan harian (SKH). SKH merupakan penjabaran dari satuan kegiatan mingguan (SKM). SKH memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. SKH terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat.makan dan kegiatan akhir. Kegiatan awal merupakan kegiatan untuk pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain : misalnya berdoa/mengucapkan salam, membicarakan tema atau sub tema. Kegiatan ini merupaka kegiatan yang dapat mengaktifkan perhatian kemampuan sosial dan emosional anak. Kegiatan ini dapat dicapai melalui kegiatan yang memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif, kemandirian dan kreativitas anak. Serta kegiatan yang dapat meningkatkan pengertian-pengertian, konsentrasi dan mengembangkan kebiasaan bekerja yang baik. Kegiatan inti merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara individu/kelompok. Istirahat/makan merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan : misalnya mengenalkan kesehatan makanan yang bergizi, tata tertib makan yang diawali dengan cuci tangan kemudian makan dan berdoa sebelum makan. Setelah kegiatan makan selesai, anak melakukan kegiatan bermain dengan alat permainan diluar kelas dengan maksud untuk mengembangkan motorik kasar anak dan bersosialisasi. Kegiatan ini sesuai dengan kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih dahulu baru setelah itu makan. Kegiatan akhir merupakan kegiatan penenangan yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan akhir yang dapat diberikan misalnya membacakan cerita dari buku, mendramatisasikan suatu cerita, mendiskusikan tentang kegiatan satu hari atau menginformasikan kegiatan esok harinya, menyanyi, berdoa dan sebagainya. Sebagai seorang perencana, guru TK harus memahami langkah-langkah perencanaan dalam pembelajaran terpadu. Sebaiknya perencana pembelajaran disusun untuk waktu tidak kurang dari dua minggu dan dapat diperluas untuk beberapa minggu setelah itu. Sebelum memulai langkah-langkah penyusunan, sebaiknya guru telah memilih dan menentukan tema serta menjabarkannya kedalam sub tema serta menentukan kemampuan yang akan dikembangkan. Langkah-langkah penyususanan perencanaan pembelajaran terpadu seperti yang disarankan oleh Kostelnik adalah sebagai berikut : a. Menuangkan ide kedalam tulisan, masukkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tema kedalam rencana kita. Pertimbangkan waktu untuk melaksanakannya dan siapkan kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan tema untuk memberikan kesempatan kepada anak yang tidak menyukai atau tidak tertarik dengan tema yang telah ditetapkan. b. Periksa rencana pembelajaran tersebut, pastikan bahwa paling sedikit ada tiga jenis kegiatan yang berhubungan dengan tema dalam satu hari. Pastikan dalam satu minggu seluruh aspek perkembangan yang akan dicapai sudah tercantum dan akan dilalsanakan. c. Jika dalam perencanaan kita terdapat kerjasama dengan ahli lain seperti dokter, guru musik, guru tari maka pastikan bahwa kita telah menyampaikan isi tema yang akan kita terapkan pada kegiatan pembelajaran agar kegiatan yang akan dilakukan dalam bidang tersebut dapat mendukung dan sejalan dengan kegiatan pembelajaran yang akan kita laksanakan. d. Persiapkan bahan, alat, media, narasumber dan sarana prasarana. e. Organisasikan kegiatan dengan baik sehingga setiap anak dapat terfokus pada tema. f. Pastikan bahwa dalam rencana kita seluruh konsep, istilah, fakta dan prinsip telah dikembangkan dengan baik dan kegiatan yang akan dilaksanakan cukup bervariasi. g. Ciptakan suasana tematik dalam kelas. 2. PERANAN GURU SEBAGAI PELAKSANA Setelah rencana pembelajaran selesai disusun maka tugas guru selanjutnya adalah melaksanakan apa yang telah direncanakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif, sebaiknya guru memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut: a) Kembangkan rencana yang telah kita susun dan perhatikan kejadian atau peristiwa spontan yang ditunjukkan oleh anak terhadap materi yang dipelajari pada hari itu. b) Melaksanakan penilaian terhadap minat dan pemahaman anak mengenai tema tersebut dengan menggunakan pengamatan, wawancara, diskusi kelompok maupun contoh hasil kerja anak. c) Bantu anak untuk memahami tentang isi dan proses kegiatan pembelajaran. d) Lakukan percakapan dengan anak tentang hal-hal yang berkaita dengan tema sehingga kita dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman anak tentang tema yang dipelajari pada hari itu. Bantu dan doronglah anak untuk memuaskan rasa ingin tahunya tentang hal-hal yang ingin diketahuinya dengan cara menjawab pertanyaannya atau memberikan kesempatan pada anak untuk mencari dan menemukan jawaban melalui kegiatan eksplorasi terhadap lingkungan sekitarnya. e) Adakan kerjasama dengan orang tua atau keluarga secara timbal balik mengenai kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, informasikan tema kepada pihak oang tua atau keluarga sehingga orang tua ikut serta mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. 3. PERANAN GURU TK SEBAGAI EVALUATOR Peranan guru TK sebagai evaluator adalah melakukan penilaian terhadap proses kegiatan belajar dan penilaian hasil kegiatan. Penilaian dilakukan secara observasi dan pengamatan terhadap cara belajar anak baik individual atau kelompok. Tujuan penilaian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang dicapai oleh anak. Hasil karya anak dapat kita pajang ditempat pemajangan sebagai tanda hasil kegiatan yang telah dilakukan, hal ini dapat membangun rasa kebanggaan pada diri anak dan dapat memotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Evaluasi harus mampu memperdayakan guru, anak dan orang tua. Guru sebagai evaluator harus melihat penilaian sebagai suatu kesempatan untuk menggambarkan pengalaman anak didik serta sebagai alat untuk mengetahui kemajuan proses maupun belajar anak didik. Setelah mempelajari dan memahami penjelasan mengenai peranan guru, tampaklah bahwa tugas dan tanggung jawab seorang guru TK tidaklah mudah dalam kegiatan pembelajaran terpadu. Peranan lain yang harus dilakukan guru sebagai pendidik, pembimbing dan pelatih adalah : a. Korektor Guru harus bisa membedakan nilai yang baik dan mana nilai yang buruk, sehingga guru dapat menilai dan mengoreksi semua tingkah laku, sikap dan perbuatan anak didik. Jadi peran guru Tk sebagai korektor ialah mengembangkan kemampuan berprilaku melalui kebiasaan-kebaiasaan yang baik dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk. b. Inspirator Guru harus dapat memberikan ilham yang baik bagi kemajuan belajar anak didik. Disini peran guru ialah menuangkan ide-ide atau gagasan atau melakukan inovasi pembelajaran guna kemajuan anak didik. Misalnya menciptakan atau mengembangkan berbagai media, alat maupun metode-metode pembelajaran. c. Informator Guru memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, selain materi yang telah diprogramkan sesuai kurikulum. Kemudian guru harus mengembangkan dirinya dengan terus belajar tentang kemajuan-kemajuan teknologi agar tidak "gagap teknologi (gatek)" dan memiliki yang luas diberbagai hal. d. Organisator Guru memiliki kegiatan pengelolan akademik, menyusun tata tertib sekolah dan menyusun kalender akademik. Semua kegiatan harus diorganisasikan dengan baik sehingga tercapai efektivitas dan efesiensi pembelajaran. e. Motivator Guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar lebih bersemangat dan aktif dalam belajar, motivasi ini lebih efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan anak. f. Inisiator Peran guru sebagai pencetus ide-ide dalam kemajuan pendidikan dan pembelajaran. Guru harus mampu mengembangkan dan memberi sumbangsih pemikiran demi kemajuan pendidikan mulai dari yang terkecil seperti dalam kelas dan sampai yang terbesar dalam lingkup sekolah maupun wilayah yang lebih luas lagi. g. Fasilitator Sebagai fasilitator guru hendaknya menyediakan fasilitas yang memudahkan kegiatan belajar dan dapat menyenangkan atau bisa membangkitkan anak didik untuk bereksplorasi serta menyalurkan minat dan keingintahuannya secara aktif. h. Pembimbing Bimbingan yang diberikan guru sebaiknya sesuai dengan kebutuhan anak didik. Jika dilihat anak tersebut mampu melaksanakan tugasnya, namun dia tampak manja atau tidak mau melakukannya maka cobalah untuk bersikap tegas dengan meminta anak untuk mencoba melakukannya sendiri dahulu sampai anak itu benar merasa membutuhkan bantuan barulah guru membantunya. i. Demonstrator Dalam kegiatan pembelajaran tidak semua materi pelajaran dapat dipahami oleh anak mengingat kemampuan setiap anak berbeda-beda. Untuk materi yang sulit dipahami oleh anak didik, sebaiknya guru memperagakan sehingga dapat membantu anak yang belum memahami materi tersebut. Untuk materi yang cukup berbahaya dilakukan oleh anak sendiri, sebaiknya guru bertindak sebagai demonstrator. j. Pengelola Kelas Pengelolan kelas menunjukkan pada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar-mengajar, termasuk pengaturan tempat duduk, ventilasi, pengauran cahaya dan pengaturan penyimpanan barang. k. Mediator Guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya, baik media material amaupun nonmaterial. Sehingga guru dapat menentukan media yang paling sesuai untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain sebagai mediator, guru juga sebagai penengah dalam proses belajar anak didik khususnya saat kegiatan diskusi kelompok. l. Supervisor Guru dapat membantu, memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pembelajaran. Kelebihan yang dimiliki supervisor selain posisinya ada juga karena pengalaman, pendidikan, kecakapan atau keterampilan yang dimilikinya atau memiliki sifat-sifat kepribadian yang menonjol dari pada orang-orang disupervisinya. Dengan peran guru sebagai supervisor, guru juga harus memilki kesadaran untuk dapat menilai kinerjanya sendiri untuk meningkatkan kegiatan pembelajarannya. BAB III PENUTUP Peranan guru sangat penting demi tercapainya tujuan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan, peranan guru dalam pembelajaran terpadu adalah sebagai perencana, pelaksanan dan sekaligus evaluator. Peranan lain yang harus dilakukan guru sebagai pendidik, pembimbing dan pelatih adalah sbagai korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, fasilisator, pembimbing, pengelola kelas, demonstrator, mediator dan supervisor. DAFTAR PUSTAKA Aisyah, Siti. (2008). Pembelajaran Terpadu Buku materi Pokok PGTK2501/25KS/Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka. |
Tutorial Cara Membuat Email Yahoo Dengan Petunjuk Gambar Posted: 29 Aug 2012 05:47 AM PDT ![]() Cara Membuat Email Yahoo - Tutorial Cara Membuat Email Yahoo Dengan Petunjuk Gambar. Berikut ini adalah Tutorial Cara Membuat Email Yahoo Dengan Petunjuk Gambar. Email, apa itu email??? istilah ini sering sekali kita dengar, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Bagi orang tertentu mungkin sudah mengerti apa itu pengertian email , tapi ada juga beberapa atau banyak orang yang belum mengerti istilah email. Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah www.mail.yahoo.com, www.mail.google.com, dll. penyedia email biasanya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis. Perbedaan antara layanan yang berbayar dan yang gratis biasanya terletak pada kapasitas ruang untuk penampung email, dan juga pemberian nama atau alamat email. Contoh alamat email dari penyedia layanan email gratis misalnya dari yahoo.com akan menjadi seperti sukijan@yahoo.com, sukijan merupakan usernamenya sedangkan @yahoo.com adalah nama penyedia layanannya. Di bawah ini akan dijelaskan panduan atau langkah langkah lengkap cara membuat email dari penyedia layanan email gratis Yahoo.com : 1. Langkah pertama ini tentunya membuka browser kamu dulu ya (bisa IE atau internet explorer, Mozila Fireox, bisa juga opera, terserah kamu)… kemudian masukkan alamat urlnya, www.mail.yahoo.com, ![]() sesaat kemudian akan muncul halaman yahoo mail, pastikan halamannya seperti gambar di bawah ini ![]() 2. Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah mendaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in. Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunya Id yahoo dan pasword, silahkan klik saja tombolSign Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com. ![]() ![]() 3. Sesaat setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini. ![]() lalu kamu tinggal masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom yang telah disediakan. di bawah ini saya beri contoh cara pengisiannya. Mohon di perhatikan, gambar di bawah ini hanya contoh, jika nama kamu bukan Martono ya jangan diisi martono ![]() Penjelasan pengisian : a. untuk pengisian kolom 'alternate email' dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau bisa diisi dengan alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi jika kamu nanti lupa dengan pasword kamu, maka pasword kamu nanti bisa direset (didapatkan) lewat email alternatif yang kamu masukkan tadi. Untuk pilihan pertanyaan, tinggal pilih saja (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama dengan email Alternate. Yaitu untuk mereset password jika kamu lupa dengan pasword kamu, maka pertanyaan yang kamu pilih tadi akan muncul, dan kamu masukkan jawabn yang kamu buat tadi untuk membuat password baru. b. Masukkan code capta pada kolom yang disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai gampang dibaca. 4. Jika data pribadi kamu sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ]. jika kolom isian formulir telah kamu isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini. Klik tombol Continue, untuk melanjutkan proses selanjutnya. ![]() 5. Sesaat kemudian akan diarahkan ke dashboard email yahoo.com, seperti gambar di bawah ini. Di dashoard ini terdapat beberapa menu penting untuk pengelolaan email yang perlu kamu ketahui, antara lain ; In box atau tempat kotak masuk email, Contact yang berisi daftar alamat email, Draft : berisi daftar email yang belum terkirim Sent : berisi daftar email yang telah terkirim Spam : berisi email dari seseorang yang mencurigakan atau tidak diinginkan dan Trash : tempat sampah email yang telah kamu hapus. ![]() 6. Ketika email yahoo ini baru dibuat, di kotak masuk email atau inbox akan ada sebuah email dari yahoo yang berisi kata sambutan atau pengenalan tentang yahoo. Untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan gambar di bawah ini. Setelah tampil daftar email masuk, silahkan klik satu email baru tersebut. ![]() maka isi email akan tampak seperti gambar di bawah ini ![]() Cara mengirim email 7. Untuk cara mengirim email. klik pada Compose Message, yang berada di side bar sebelah kanan (perhatikan gambar di bawah ini). Sesaat kemudian kamu akan menjumpai kolom untuk menuliskan email kamu., perhatikan gambar di bawah ini. masukkan alamat email teman kamu pada kolom To ; , kolom CC dikosongkan saja, kolom Subjek sebagai tema atau judul surat, dan kolom paling bawah yang lebar sekali itu untuk menuliskan isi surat atau email yang ingin dikirimkan. jika sudah diisi semua, tekan Tombol Send ![]() 8. jika email atau surat kamu sudah terkirim, akan di tandai seperti gambar di bawah ini. Silahkan beri tanda centang pada kotak di sebelah Automatically add new recipients to Contacs jika ingin memasukkan alamat email tadi ke daftar kontak kamu, jika tidak ya tidak usah diberi tanda centang. Jika sudah klik tombol Done. ![]() 10. jika sudah selesai melakukan aktifitas di mail yahoo, Klik pada tombol Sign out sebelum kamu menutup browser kamu, sebagai antisipasi untuk melindungi akun yahoo kamu. ![]() 11. Alhamdulillah sekarang email kamu sudah jadi. dan apabila nanti kamu ingin membuka lagi, tahapannya, buka alamat www.mai.yahoo.com pada browser kamu, entah itu Mozila fire fox atau Internet Explorer, atau Chrome. kemudian masukkan alamat email dan password yang kamu buat tadi. kemudian klik Sign In. ![]() Perlu diketahui, alamat website atau situs berbeda dengan alamat email. contoh alamat situs www.ridwanaz.com, sedangkan alamat email martononingrat@yahoo.com , bukan www.martono@yahoo.com . Ini perlu saya jelaskan karena beberapa kali saya menjumpai seseorang yang ingin membuka email atau mengecek isi emailnya malah memasukkan seperti ini www.martononingrat@yahoo.com pada address bar browser nya, jelas saja yang muncul error. semoga panduan cara membuat email di yahoo di atas dapat kamu pahami, dan tentunya bermanfaat bagi yang membutuhkan. |
Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Excel Posted: 29 Aug 2012 05:20 AM PDT Cara Membuat Grafik Pada Microsoft Excel - Berikut ini kami sajikan bagaimana cara membuat grafik dengan menggunakan Microsoft excel, merubah data menjadi sebuah grafik, memilih model grafik, seperti grafik batang, grafik lingkaran, Dalam contoh cara pembuatan grafik ini kami menggunakan Microsoft excel versi 2003, 1. Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel. ![]() (gambar 1) 2. Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk kamu sajikan menjadi grafik. Contohnya adalah seperti di bawah ini. ![]() (gambar 2) 3. Setelah kamu membuat data sederhana seperti di atas, blok lah seluruh data dalam abel tersebut. ![]() Gambar 3 4. setelah kamu blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart ![]() Gambar 4 5. setelah kamu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard seperti gambar di bawah ini ![]() Gambar 5 6. setelah muncul jendela seperti di atas, maka kamu tinggal pilih model grafik yang kamu inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya seperti gambar di atas, atau grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain. Dalam contoh pembuatan grafik ini kita pilih saja Chart TIpe Column dan Chart Sub-type yang bermodel dua dimensi ![]() Gambar 6 7. Setelah kamu klik next nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini ![]() Gambar 7 Gambar jendela diatas adalah chart wizard pada tahap kedua, pada Series in pada pilihan columns maka grafik akan tapil renggang, tapi jika dalam pilihan Rows maka grafik akan tampak menepel seperti gambar di bawah ini ![]() Gambar 8 Dalam contoh ini kita pake saja pada pilihan columns, kemudian klik Next 8. setelah kamu klik next maka akan tampil jendela seperti di bawah ini ![]() Gambar 9 Kolom Chart Title adalah untuk mengisi Judul Grafik kamu, Category X axis adalah untuk mengisi keterangan pada garis horizontal (dalam hal ini adalah bulan), sedangkan kategori Value (Y) axis untuk mengisi keterangan pada garis vertical (dalam hal ini adalah isian angka nya) Sebagai contoh kita isi saja judulnya adalah "GRAFIK PERKEMBANGAN PENGUNJUNG" sedangkan category X kita isi "BULAN" dan value Y adalah "JUMLAH" Sehingga hasilnya seperti ini : ![]() Gambar 10 9. setelah diisi semuanya kemudian klik tombol next, maka nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. ![]() Gambar 11 Klik tombol finish, grafik kamu sudah jadi ![]() Gambar 12 Cara Membuat Grafik Dengan Tambahan kolom Tahun Ketika membuat grafik dengan tambahan tahun biasanya hasilnya akan berantakan atau tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Biasanya bagian tahun nya akan berdiri sendiri. Ada di batang pertama, sehingga membingungkan pembaca. Lalu bagaimana caranya membuat grafik di microsoft excel dengan tambahan tahun. Caranya sederhana, yaitu bagian tahunnya jangan diketik menggunakan angka, tapi diketik dulu dengan huruf. misalnya tahun 1993 diketik sembilan tiga. Nah setelah grafik berhasil dibuat, baru tahunnya diganti dengan angka. Perhatikan gambar di bawah ini, yaitu pada bagian tahun diketik angka terlebih dahulu, kemudian buat grafiknya. ![]() Setelah grafik berhasil dibuat, baru bagian tahunnya diedit dengan angka. seperti gambar di bawah ini ![]() Bagimana? Gampang kan cara membuat grafik nya ? Untuk melakukan edit silahkan utak atik sendiri ya? Jika ada pertanyaan silahkan komen saja di bawah ini. Semoga bermanfaat |
Tutorial Cara Membuat Akun Gmail Lengkap Posted: 29 Aug 2012 04:21 AM PDT Tutorial Cara Membuat Akun Gmail Lengkap - Gmail merupakan layanan email yang dimiliki oleh Google. Saat ini layanan Email ini memiliki kapasitas 7000 MB. Kapasitas ini akan bertambah setiap waktu. Dengan kapasitas sebanyak ini satu akun gmail tidak akan habis dipakai selama beberapa tahun. Dan yang paling penting, gmail itu gratis…. Mungkin banyak di antara pembaca blog ini yang sudah mengetahui bagaimanacara membuat akun gmail. Kalo anda sudah tahu, lewatin aja tutorial pemula ini. Tutorial ini hanya untuk pemula yang belum pernah buat gmail ![]() Langsung saja ya saya mulai tutorialnya. Oiya tutorial ini dibuat menggunakan browser mozilla firefox versi 5. Keren kan tuh browsernya Buka Gmail.com. Untuk membuat baru, klik "Create an Account" ![]() halaman depan gmail.com Berikutnya isikan informasi yang dibutuhkan seperti nama depan, nama belakang dan alamat email yang diinginkan. Jika sudah klik tombol "I Accept. Create my Account" ![]() daftar gmail.com ![]() daftar gmail.com Dilanjutkan dengan verifikasi akun. Langkah ini kadang harus diikuti jika komputer / IP Address yang digunakan sudah pernah digunakan untuk mendaftar gmail. Jika diminta verifikasi. Pilih Text Messages, untuk country pilih Indonesia dan masukkan no hp anda yang masih aktif. No handphone Indonesia diawali dengan +628xxxxxxx. Nantinya gmail akan mengirimkan SMS ke handphone anda ![]() verifikasi akun dengan no hp Cek SMS di handphone Anda. Isi SMS adalah Your Google Verification key is 123456. Isikan kode ini pada kolom Verification Code. Klik tombol Verify ![]() masukkan kode verifikasi Selamat, akun gmail anda sudah jadi. Alamat email anda adalah username@gmail.com. Klik tombol "Show me my account" untuk masuk ke dalam inbox ![]() pendaftaran gmail selesai Ada 3 email baru di inbox anda ![]() inbox gmail.com Kalo belum punya akun gmail, langsung aja dicoba cara membuat akun gmail. nb : anda bisa juga download ebook pdf cara membuat akun gmail Sumber : http://away.web.id |
You are subscribed to email updates from HQSA | High Quality Share All To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment